Pengertian SEO

Apa itu SEO?

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, yang berarti melakukan optimasi website agar ditampilkan pada halaman utama atau halaman atas pada search Engine bila seseorang mengetikkan kata pencarian pada kotak search engine tersebut.

Prosesnya adalah seseorang membuka search engine Google, Yahoo, maupun MSN, dan selanjutnnya ia akan mengetikkan kata pencarian pada kotak search engine dan kemudian akan ditampilkan list halaman yang memuat website-website yang sesuai dengan kata pencarian yang diketikkan orang tersebut.

Dengan bermunculannya website-website baru setiap harinya, maka kebutuhan akan search engine sangat penting, yaitu untuk memudahkan mencari informasi dan menampilkan list website - website yang sesuai dengan informasi yang diinginkan. Karena sebagai pengguna internet, ada keterbatasan untuk mengingat maupun menyimpan alamat-alamat website apa saja yang akan dikunjungi kembali nantinya.

Karena peran search engine begitu penting dalam menampilkan informasi, maka bagi pemilik website yang websitenya ditampilkan oleh search engine tersebut, akan memberikan keuntungan yang besar, karena traffic yang diberikan dari search engine ke website tersebut tentunya akan meningkat.

Pengoptimasian SEO

Tips ini berfungsi supaya blog atau web kalian dapat terindeks cepat dengan google, sebenarnya ada banyak cara untuk pengoptimasian SEO namun kali ini saya hanya akan membahas dua cara pengoptimasian SEO, yaitu SEO On-Page dan SEO Off-Page.

1. SEO On-Page

SEO onpage merupakan teknik mengoptimisasi halaman dari website tersebut dengan menerapkan beberapa dasar keyword yang telah ditentukan. Dengan adanya teknik-teknik seo onpage membuat situs anda akan dinilai relevan oleh Google. Dasar-dasar seo on-page :

  • Title Tag

Tittle tag merupakan judul yang akan dibaca oleh mesin pencari. Gunakanlah judul yang paling sesuai dengan isi postingan supaya cepat terindeks oleh mesin pencari

  • Meta Description

    Meta description merupakan keterangan dari suatu halaman berdasarkan postingan anda. 

    • URL

    Uniform Resource Locator atau URL merupakan rangkain dari beberapa huruf yang akan membentuk link yang berfungsi menuju suatu halaman situs, jadi tentu URL sangat berpengaruh pada Search Engine Optimization.

    •  Heading

      Heading merupakan kumpulan kata yang nantinya menjadi judul atau subjudul dalam sebuah dokumen html. Html menyediakan enam tingkatan level untuk level pertama merupakan yang terbesar sedangkan yang level 6 adalah yang terkecil.

      • Link to Authority Site

      Link autority site merupakan postingan yang terdapat link-link lain menuju situs-situs terpercaya atau lebih tepatnya dipercayai oleh Google seperti youtube, wikipedia dan masih banyak lagi.

      2. SEO Off-Page

      Merupakan teknik seo dengan mengoptimisasi suatu halaman website dari luar situs yaitu dengan menggunakan backlink. Backlink merupakan link dari halaman kita yang berada pada halaman situs orang lain yang mempunyai page rank yang tinggi.

      Baca juga Download Aplikasi Blogponsel

      Search engine atau mesin pencarian salah satunya Google sangat menyukai baclink yang berkualitas seperti backlink dari situs authority atau situs yang dipercayai Google, seperti Wikepedia, Youtube dan lain-lain. Oleh karena itu suatu situs akan diangkat apabila mempunyai backlink dari situs yang berPR tinggi.

      Semoga bermanfaat